18 Februari, 2024
Osaka Sun
Pengenalan Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Bhayangkara
Login IMEPINasional

Universitas Bhayangkara Surabaya telah lama menjadi pusat pendidikan tinggi yang terkemuka di Indonesia, menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja. Salah satu program studi unggulan yang ditawarkan oleh universitas ini adalah Program Studi Ekonomi Pembangunan. Program studi ini tidak hanya memberikan landasan teoritis yang kuat dalam bidang ekonomi, tetapi juga membekali mahasiswa dengan pemahaman yang mendalam tentang dinamika pembangunan ekonomi di tingkat lokal, nasional, dan global.

Visi dari Program Studi Ekonomi Pembangunan di Universitas Bhayangkara Surabaya adalah menjadi pusat unggulan dalam pendidikan dan penelitian ekonomi pembangunan yang berorientasi pada keberlanjutan. Untuk mewujudkan visi tersebut, program studi ini memiliki beberapa misi, antara lain:

  • Memberikan pendidikan yang berkualitas tinggi dalam bidang ekonomi pembangunan dengan memanfaatkan kurikulum yang terkini dan fasilitas pendukung yang memadai.
  • Mendorong pengembangan penelitian yang inovatif dan berdampak positif dalam mendukung pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.
  • Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari sektor akademis maupun industri, untuk meningkatkan kualitas dan relevansi program studi dengan tuntutan pasar kerja.

Kurikulum Berbasis Kompetensi

Kurikulum Program Studi Ekonomi Pembangunan di Universitas Bhayangkara Surabaya didesain secara hati-hati untuk memastikan bahwa lulusan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dalam dunia ekonomi yang cepat berubah. Mata kuliah inti meliputi makroekonomi, mikroekonomi, ekonomi pembangunan, kebijakan publik, serta metode penelitian ekonomi. Selain itu, terdapat pilihan mata kuliah spesialisasi yang memungkinkan mahasiswa untuk mendalami area-area tertentu sesuai minat dan bakat mereka.

Pengalaman Belajar Berbasis Praktek

Selain menghadirkan kurikulum yang komprehensif, Program Studi Ekonomi Pembangunan di Universitas Bhayangkara Surabaya juga menekankan pentingnya pengalaman belajar berbasis praktek. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengikuti magang di berbagai lembaga dan perusahaan terkait ekonomi pembangunan, baik di tingkat lokal maupun nasional. Hal ini memberikan mereka wawasan yang nyata tentang dunia kerja dan membantu mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Bhayangkara Surabaya memiliki peluang karir yang luas dan beragam. Mereka dapat bekerja di berbagai sektor, termasuk pemerintahan, lembaga internasional, perusahaan swasta, maupun lembaga riset dan pengembangan. Banyak alumni program studi ini yang telah sukses dalam karir mereka, baik sebagai ekonom terkemuka, pengusaha sukses, maupun pemimpin masyarakat yang berperan aktif dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

Kesimpulan

Program Studi Ekonomi Pembangunan di Universitas Bhayangkara Surabaya menawarkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan pasar kerja. Dengan kurikulum yang komprehensif, pengalaman belajar berbasis praktek, dan dukungan dari dosen-dosen berpengalaman, program studi ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang mampu memberikan kontribusi positif dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan

{{ reviewsTotal }}{{ options.labels.singularReviewCountLabel }}
{{ reviewsTotal }}{{ options.labels.pluralReviewCountLabel }}
{{ options.labels.newReviewButton }}
{{ userData.canReview.message }}

Login atau daftar dalam sekejap

Masuk di sini agar bisa akses sistem portal Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia

Login / email
Password
Remember me