Kontribusi Ekonomi Terhadap Tuan Rumah Kongres IMEPI ke XI Tarakan 2021

ilyas  (Universitas Negeri Gorontalo) | 02/4/2021 

Sumber: Kaltara

Perhelatan menuju kepemimpinan baru di tataran Pengurus Besar (PB) Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia (IMEPI), akan di mulai tahun ini tepatnya pada bulan mei 2021 mendatang, dan akan di laksanakan di Universitas Borneo Tarakan Kalimantan.

 

Segala bentuk persiapan menyambut Kongres IMEPI ke11 telah diramu sesuai kebutuhan oleh tuan rumah sendiri dengan sangat baik dan sesuai kaidah yang berlaku berdasarkan AD/ART lembaga IMEPI. Meskipun ketetapan, mulai dari waktu pelaksanaan, izin kegiatan dari pihak pemerintah, dan universitas diawal menjadi titik lemah panitia. Yang disebabkan oleh ketatnya kebijakan pihak-pihak terkait mengingat kondisi nasional dan regional dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Tetapi hal tersebut mampu untuk ditanggulangi oleh pihak panitia. Hal ini yang kemudian membuat peserta dari berbagai universitas di seluruh indonesia yakin akan keseriusan pihak panitia dalam menyelenggarakan Kongeres tersebut.

 

Disisi lain, dampak positif dilakukannya kegiatan Kongres tersebut adalah peningkatan ekonomi khususnya bagi daerah yang berperan sebagai tuan rumah Kongres, dengan masuknya peserta kongres dari berbagai wilayah yang ad di Indonesia, secara tidak langsung akan menambah pundi-pundi ekonomi khususnya pada sektor dan subsektor tertentu. Diantaranya yaitu, sektor Jasa, pariwisata, dan sektor UMKM (Masyarakat dan Manusia) serta sub sektor lain sebagainya.

 

Sehingganya pihak pemerintah dan pihak universitas bisa melihat peluang tersebut, dan membuka kerja sama dengan pihak kepanitian, sehingga kerja sama kolaboratif antara pihak-pihak terkait berjalan dengan baik, dan mampu memberikan equilibrium (keseimbangan) yang sustainable (berkelanjutan) dalam menopang perekonomian daerah.

Dengan begitu, kegiatan-giatan yang sifatnya Nasional yang di rekomendasikan oleh berbagai pihak, kiranya bisa menjadi pembahasan di piihak pemerintah dan menjadi satu poin penting dalam meningkatkan kontribusi Ekonomi, Sosial, dan Budaya.